Warga Sering Kemalingan, ini Solusi yang Dilakukan Kades Muara Rengas Baru

Yudi Suarsa Kepala Desa Muara Rengas Baru, Kecamatan Muara Lakitan

LIPOSSTREAMING, MUSI RAWAS  – Pemeritah Desa (Pemdes) Muara Rengas Baru, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas mengaktifkan pos roda malam. Petugas roda masyarakat setempat dengan sistem bergilir. Tujuannya menciptakan keamanan lingkungan.

Kades  Muara Rengas Baru, Yudi Suarsa mengatakan akhir-akhir ini warga di wilayah Kecamatan Muara Lakitan sering kemalingan. Dan hingga kini belum terungkap siapa pelakunya.

“Modus pencurian pada malam hari, dengan mencongkel rumah. Apa saja yang ditemui diembat. Ada sepeda motor bahkan mobil. Kondisi ini membuat warga resah,” jelas Yudi, Jumat 18 Februari 2022.

Maka, Pemerintah Desa Muara Rengas Baru mengajak warga rapat membahas pengaktifan pos keamanan lingkungan (Kamling). Alhasil warga sepakat mengaktifkan pos ronda. Petugas rondanya warga itu sendiri dengan sistem piket dalam satu malam yang bertugas 7-10 orang.

“Pengaktifan pos kampling sudah berlangsung satu bulan ini,” jelasnya.

Menurut Yudi Suarsa sejauh ini mengaktifkan pos kamping di wilayah berpenduduk 2.000 jiwa dan dengan luas wilayah 12.000 meter persegi cukup efektif.

“Sejauh ini cukup efektif karena sejak diaktifkan terasa lebih aman,” jelasnya.

Warga Desa Muara Rengas Baru sebagian besar petani sawit dan karet. Sekarang banyak warga yang beralih tanam sawit karena lebih menguntungkan dan relatif mudah perawatan. Kalau karet satu hari saja tidak dipotong tidak ada hasil. Sedangkan sawit tidak dirawat dua minggu sekali pasti panen, tapi memang kalau tidak dipupuk hasil panen kurang. “Makanya sekarang banyak yang beralih tanam sawit karena relatif lebih mudah perawatannya,” jelasnya. (lipos/03)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *