Unmura Segera Terapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

BERSAMA : Rektor Unmura Prof. Dr. Ir. H. Andy Mulyana, M.Sc dan Ketua Tim Pendampingan MBKM dari L2Dikti Wilayah II Sunarto, S.H., M.Si foto bersama narasumber dan panitia Pendampingan Pengembangan Kurikulum yang diadakan L2Dikti menjelang implementasi MBKM, di Unmura, Kamis 17 Februari 2022.

LIPOSSTREAMING, LUBUKLINGGAU – Universitas Musi Rawas (Unmura) jadi tuan rumah kegiatan Pendampingan Pengembangan Kurikulum untuk mendukung Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diadakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2Dikti) Wilayah II, 17-18 Februari 2022.

Kegiatan yang terpusat di Aula Meeting Room Unmura, Kelurahan Air Kuti, Kecamatan Lubuklinggau Timur I ini diikuti para dosen dari berbagai kampus. Diantaranya Universitas Bina Insan (UnivBi), Universitas PGRI Silampari (UNPARI), STIEBI Prana Putra, STMIK BNJ Lubuklinggau, Universitas Pat Petulai, dan Unmura.

Kegiatan yang dibuka Ketua Tim Pendampingan MBKM dari L2Dikti Wilayah II Sunarto, S.H., M.Si itu menghadirkan dua narasumber yang juga dosen Universitas Bina Dharma, yakni Ibu CH Desi Kusmindari dan Ibu Desy Miswanti.

Dalam sambutannya, Sunarto menjelaskan dasar dilaksanakanya program MBKM yakni Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Kebijakan MBKM yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Sebagaimana amanat Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya. Kita meyakini, pembelajaran dapat terjadi di manapun, semesta belajar tak berbatas, tidak hanya di ruang kelas, perpustakaan dan laboratorium, tetapi juga di desa, industri, tempat-tempat kerja, tempat-tempat pengabdian, pusat riset, maupun di masyarakat.

“ Menjelang implementasi program MBKM ini, kami (L2Dikti) telah melakukan pendampingan kurikulum, baik ke kampus-kampus di Pangkal Pinang, Palembang, dan Lampung. 2022 Kami awali dari Bengkulu dan sekarang di Kota Lubuklinggau,” tuturnya.
Mewakili pihak L2Dikti Wilayah II, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unmura dan jajaran yang telah menyambut baik dan berkenan jadi tuan rumah kegiatan ini.

“Sebagaimana kita punya cita-cita yang sama, dengan terealisasinya MBKM ini semoga bisa meningkatkan kualitas output di setiap perguruan tinggi,” tuturnya.

Sementara Rektor Unmura Prof. Dr. Ir. H. Andy Mulyana, M.Sc menuturkan Unmura sendiri sebenarnya sudah menyusun MBKM untuk diterapkan Tahun Akademik 2022/2023. Rencananya juga ingin minta arahan dari L2Dikti terlebih dahulu sebelum implementasi.
“Oleh sebab itu, dengan dipercaya jadi tuan rumah ini, seperti dipermudah niatan kami untuk menyempurnakan rancangan yang sudah disusun, agar lebih terarah dan sesuai pedoman. Sehingga resmi bisa dilaksanakan,” ungkap Prof. Andy.

Menurutnya, nyaris semua kampus, mungkin sudah mengadakan KKN, PKL, Magang, dan sejenisnya. Tujuan utamanya agar mahasiswa dalam wawasan baru diluar dari yang mereka dapat di kampus. Ke depan, dengan MBKM diharapkan apa yang sudah diprogramkan kampus-kampus ini, khususnya Unmura bisa lebih optimal lagi. Sehingga hasil yang didapat juga lebih maksimal.

“Karena memagangkan mahasiswa bukan perkara mudah. Meski kita yakin, belum tentu semua mahasiswa mau ambil program MBKM. Namun, karena kampus harus menyediakan fasilitas ini, maka kampus juga harus punya channeling yang siap jadi tempat belajar mahasiswa. Jika banyak mahasiswa yang ikut MBKM, tentu kampus harus memikirkan bagaimana penyaluran mereka. Semoga dari kegiatan ini, pertanyaan dan gambaran kendala –kendala yang akan dihadapi selama MBKM bisa diminimalisir dengan strategi yang baik. Sehingga apa yang diharapkan kampus melahirkan SDM berkualitas untuk bangsa ini bisa terwujud,” harapnya.
Pada kesempatan itu, Prof. Andy mengucapkan terima kasih kepada L2Dikti atas kesempatan yang diberikan kepada Unmura untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut.
(lipos/01)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *