Sosialisasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek

Sosialisasi : Asisten I Setda Muratara, H Alfirmansyah Karim sedang menyampaikan sambutan.

LIPOSSTREAMING.NEWS – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara melalui Dinas Perberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDP3A) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melakukan sosialisasi teknologi tepat guna dan posyantek kepada Desa yang ada di kabupaten setempat, Jumat (1/4/2022).
Acara dilaksanakan di aula Siti Rahmah di kelurahan Muara Rupit kecamatan Rupit, dengan menghadirkan nara sumber terdiri dari pemerhati teknologi dinas PMD Provinsi Sumsel.

Kadis DPMDP3A Muratara, Hj Gusti Rohmani saat melaporkan dipembukaan sosialisasi Teknologi Tepat Guna dan Posyantek mengatakan bahwa tujuan sebenarnya dilakukan sosialisasi ini adalah untuk melakukan pemetaan apa saja potensi-potensi teknologi simple dan sederhana yang dihasilkan diruang lingkup bumdes di setiap wilayah masing-masing.
“jika telah mendapatkan data yang valid maka pada tahun 2023 potensi yang dihasilkan akan dimunculkan dalam gelaran event teknologi tepat guna tingkat kabupaten Muratata,” terangnya

Selama ini kita telah melakukan pendataan dan pemetaan terhadap produk dan inovasi-inovasi sederhana yang dihasilkan setiap wilayah kita, namun semakin kedepan dan dilihat dari visi, misi Bupati dan Wakil Bupati agar dapat memberdayaan masyarakat desa, maka kita harus benar-benar konsen agar nantinya potensi-potensi yang dihasilkan disetiap daerah dapat kita munculkan dan dapat dipasarkan.
“untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini kita juga merangkul pihak swasta agar dapat ikut serta dalam pengembangan produk-produk inovasi sederhana yang dihasilkan pengrajin yang ada di wilayah masing-masing daerah, ini sebenarnya bisa menjadi dongkrak perekonomian setiap desa,” pungkasnya.

Bupati Muratata Devi Suhartoni yang di wakili Asisten 1 H. Alfirmansyah Karim dalam sambutannya saat membuka kegiatan sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa, sosialisasi ini sangat baik dilakukan, karena dapat menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperkenalkan hasil kerajinan yang telah mereka hasilkan yang mungkin selama ini tidak kita ketahui.
“selama ini memang sudah ada beberapa daerah yang telah menghasilkan beberapa produk olahan dan lainnya, namun kita harus benar-benar mendukung sampai bisa menghasilkan,” tegasnya.

Lanjutnya, Pemerintah kabupaten Muratara sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa kabupaten Muratara dengan mengerahkan OPD-OPD terkait agar saling bersinergi dan kegiatan ini juga bukan hanya sekedar dilakukan sosialisasi saja. Namun akan kita kontrol terus sampai dapat berjalan dan dapat menghasilkan.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *