Seumur Hidup Jalan Berlumpur di Sumberharta Kini Sudah Diperbaiki

RAPAT: Wakil Bupati Mura Hj Suwarti saat membuka Forum Perangkat Daerah (FPD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), Tahun 2023, Kamis (24/2/2022) di ruang rapat Bappeda Mura.

LIPOSSTREAMING.NEWS-  Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Rawas (Bappeda Mura), mengelar Forum Perangkat Daerah (FPD) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), Tahun 2023, Kamis (24/2/2022). Kegiatan dibuka Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti mengusung tema “Peningkatan Infrastruktur untuk Musi Rawas MANTAB”.

“Rapat hari ini (kemarin) kelanjutan dari Musrenbang desa, kecamatan. Tujuannya untuk mensinergikan dengan program Pemkab Musi Rawas,” ungkap Wakil Bupati Mura Hj Suwarti kepada wartawan usai membuka kegiatan, Kamis (24/2/2022)

Suwarti mengaku, tidak semua usulan yang masuk dari Musrenbang tingkat desa dan kecamatan bisa diakomodir. Pemerintah Kabupaten Musi Rawas akan mengacu pada skala prioritas permasalahan yang harus segera diselesaikan. “Yang paling pokok infrastruktur jalan dan jembatan. Seperti tahun lalu masalah jalan Suberharata menuju Madang seumur hidup lumpur sekarang sudah bagus. Kemudian jalan di Megang Sakti paling banyak bermasalah tidak diperbaiki sekarang sudah diperbaiki, termasuk jalan daerah lainnya juga sudah kita perbaiki,” terangnya.

Suwarti Burlian menyambut baik adanya FPD RKPD kemarin karena mempunyai peran penting dalam pembangunan dan kemajuan Kabupaten Mura. Ia berharap FPD RKPD bukan hanya seremonial, tetapi memang menghasilkan kesepakatan bersama terutama skala prioritas dalam meningkatkan pembangunan agar Kabupaten Mura lebih baik guna mewujudkan Musi Rawas MANTAB (Maju Mandiri Bermartabat).

Kepala Bappeda Kabupaten Mura Kgs Effendi Fery melalui Sekretaris Ichsanudin mengatakan di Musi Rawas ada lebih dari 1.000 km, yang masuk jalan kabupten. Tahun 2021 ada 96 km sudah dilakukan perbaikan. Begitupun tahun 2022 peningkatan jalan maupun pemeliharaan jalan terus dilanjutkan. “Sementara target  2023,  peningkatan jalan 12, 28 persen. Kemudian pemiliharaan jalan ditargetkan 22,9 persen,” ucapnya.

Menurutnya, angka tersebut merupakan target awal. Bisa saja nantinya berubah setelah disingkronkan dengan dana yang ada. “Ketika nanti dana sudah masuk, baru dilakukan ada proyeksi-nya, dan rasionalisasi dengan angka-angka,” ucapnya.

Meski ada keterbatasan kewenangan untuk jalan provinsi, Ichsanudin mengaku Bupati Musi Rawas selama ini tetap mengusulkan jalan provinsi yang rusak ke Gubernur Sumatera Sealatan untuk dilakukan perbaikan. Begitupun dengan jalan negara yang mengalami kerusakan, Bupati Musi Rawas mengajukan usulan kepada Kepentrian PU BM agar jalan tersebut dilakukan perbaikan. (blc)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *