Sabtu Puncak Arus Balik

#Pengendara Dihimbau Hati-hati

LIPOSSTREAMING.NEWS – 6-7 Mei 2022 diprediksi jadi puncak arus balik pemudik dari Kota Lubuklinggau ke luar kota. Kabar ini disampaikan Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Suwandi, Rabu (4/5/2022).

“Karena memang pemerintah menetapkan cuti hingga 6 Mei, namun untuk kantor aktif Senin (9/5/2022). Ada ribuan sepeda motor maupun mobil yang bakal melintas di Kota Lubuklinggau, rata -rata pengendara dari Bengkulu, Padang, dan Riau menuju Medan maupun pulau Jawa,” jelas AKBP Harrisandi.

Namun pihaknya sudah antisipasi dengan menempatkan petugas di lokasi rawan kemacetan seperti di depan Lippo Plaza, dan depan Terminal Kalimantan.

Polres Lubuklinggau juga memetakan lokasi rawan kecelakaan yaitu di Jalinsum Kelurahan Petanang, hingga RCA dan Kelurahan Taba Pingin hingga Simpang Periuk, karena daerah ini setiap tahun ada lakalantas bahkan ada korban yang meninggal.

Sementara di Pos Operasi Ketupat Musi 2022 Kelurahan Watas Lubuk Durian, arus lalu lintas keluar dan masuk Kota Lubuklinggau, kembali meningkat pada H+ 3 Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah, Rabu (4/5/2022).

Seorang Anggota Polres Lubuklinggau, Aipda Hepni petugas piket di pos tersebut mengatakan, kendaraan yang melintasi Lubuklinggau mulai meningkat H+2 lebaran. Baik kendaraan dari luar Kota Lubuklinggau, maupun kendaraan dari dalam Kota Lubuklinggau ke arah Curup Provinsi Bengkulu.

“Hari ini (kemarin, red) kendaraan semakin ramai dan lancar, tidak sampai terjadi kemacetan baik di jalur ke arah keluar Kota Lubuklinggau menuju arah Curup maupun kendaraan yang masuk Kota Lubuklinggau ,” jelas Hepni.

Kendati arus lalu lintas ramai, ia juga bersyukur tidak ada kejadian kecelakaan lalu lintas atau tindak kriminal lainnya, khususnya di wilayah terdekat Pos Watas Lubuk Durian.

“Dari sejak dibangun pos pengamanan lebaran hingga hari ini (kemarin,red) tidak ada kejadian kecalakaan lalu lintas maupun kejadian tindak kejahatan lainnya khusus di wilayah pos Watas Lubuk Durian,” tambahnya.

Dijelaskannya pada hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriyah atau bertepatan Senin (2/5/2022) arus lalu lintas lengang.

“Hari pertama lebaran harus lalu litas sepi baik kendaraan dari arah Curup masuk Kota Lubuklinggau maupun kendaraan dari dalam Kota Lubuklinggau,” jelasnya.

Hepni memperkirakan puncak harus balik Sabtu-Minggu (7-8/5) karena Senin (9/5/2022) sudah masuk kerja. Ia juga mengatakan, untuk menjaga kamtibmas selama mudik Idul Fitri 1443 H petugas piket dari kepolisian yang siaga di Pos Pengamanan per hari ada enam orang, dibantu petugas dari TNI, Satuan Polisi Pamong Paraja (Sat PolPP), dari Pemadam Kebakaran (Damkar) dan petugas kesehatan. Sistem piket petugas dari Kepolisian tugas satu hari 24 jam.

“Lalu diganti petugas piket yang lainnya dan kami istirahat,” jelasnya.

Sementara Kapolres Muratara AKBP Ferly Rosa Putra melalui Kasat Lantas AKP Saharudin mengatakan arus balik kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Sumatera Muratara puncaknya diprediksi Sabtu (7/5) hingga Minggu (8/5).

“Ada ratusan motor dan mobil yang akan melintasi Jalinsum yang dari arah Jambi ke Bengkulu” jelasnya.

Ia juga memetakan, wilayah rawan lakalantas di Muratara yakni depan Desa Maur, Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Muratara. Sebab di lokasi ini, jalan berlubang, bergelombang, dan banyak hewan yang melintas. Maka, Satlantas sudah memasang umbul-umbul perhatian kepada pengendara yang melintas agar lebih hati-hati.

“Meski demikian, lakalantas setelah lebaran nihil, namun sebelum mudik ada lakalantas yang menyebabkan empat orang yang meninggal,” tambahnya lagi

Jadi bagi pengendara diharapkan berhati-hati saat melintasi Jalinsum Kabupaten Muratara .

Dengan jalinsum puluhan kilometer yang jalurnya lurus di Muratara bukanlah jalan tol yang bebas hambatan. Sehingga pengendara bisa memacu kendaraan dengan kecepatan maksimal.

Sementara Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono melalui Kasat Lantas AKP Budi Harto, Rabu (4/5) menambahkan selama arus mudik, tepatnya mulai dilaksanakan Operasi Ketupat Musi 2022, nihil kecelakaan lalulintas di Musi Rawas.

Mantan Kasat Lantas Polres Lubuklinggau ini menjelaskan, meski begitu dirinya tetap mengimbau kepada pengendara untuk hati-hati. Terutama yang melintasi Jalan Lintas Sumatera Tengah (Jalinsumteng). Pasalnya diprediksi akan ada peningkatan kendaraan saat arus balik.
“Kami perkiraan ada peningkatan kendaraan. Karena pengendara yang sebelumnya melintasi Jalan Lintas Timur (Jalintim), kemungkinan akan memilih Jalinsumteng, karena sebelumnya Jalintim macet,” jelasnya.
(adi/sin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *