Puluhan Siswa di Musi Rawas Positif Covid-19

COVID-19
COVID-19

LIPOSSTREAMING.NEWS –  Meningkatnya kasus Covid-19 jenis Omicron di Indonesia, menambah kewaspadaan tenaga kesehatan di Kabupaten Musi Rawas (Mura). Sehingga SDM Puskesmas pun selalu siaga memberikan layanan swab antigen untuk masyarakat yang membutuhkan.

Seperti yang dilakukan Tenaga Kesehatan Puskesmas Sumberharta, dalam kegiatan KMD Pramuka MTsN Sumber Asri mereka siaga.
Turyana (Kepala Puskesmas Sumberharta) yang juga dilantik sebagai Pembina Kwartir Cabang Pramuka Sumberharta mensiagakan nakes ketiga kegiatan KMD berlangsung.

Selain menyediakan vaksinasi booster (dosis 3) dan pemeriksaan kesehatan seperti layanan tensi darah, kadar gula, cek kolesterol, juga asam urat, tenaga kesehatan Puskesmas Sumberharta juga memberikan pengobatan sesuai keluhan peserta KMD.
“Kebetulan waktu itu, peserta KMD yang didominasi guru-guru ini mengeluh mereka kebanyakan ngga enak badan, batuk pilek, dan sebagainya. Makanya kami swab antigen. Hasilnya, ternyata ada beberapa peserta dinyatakan positif. Salah satunya guru SMPN Sumber Harta. Lalu keesokan harinya kami tracking dengan menswab antigen 19 guru SMPN Sumberharta. Hasilnya ada 5 orang yang positif. Memang ini belum PCR ya, sebatas swab antigen,” ungkap Turyana, Jumat (4/3/2022).

Keesokan harinya, jelas Turyana, nakes Puskesmas Sumberharta kembali menswab 15 guru dan peserta didik SMPN Sumberharta yang belum sempat diswab dan sempat kontact erat dengan para guru yang positif saat swab antigen.

“Kalkulasinya didapatlah 8 guru dan 31 siswa-siswi positif. Kami sampaikan ke sekolah hasilnya. Agar ditindaklanjuti dengan koordinasi sama Dinas Pendidikan Mura. Mereka semua gejalanya ringan. Jadi kasat mata seperti orang ngga sakit. Mungkin karena sudah pada divaksin dosis 2, jadi daya tahan tubuhnya bagus,” ungkap Turyana.

Selasa (2/3) nakes Puskesmas Sumberharta kembali menswab antigen 8 guru yang positif, dan hasilnya sudah negatif.

“Untuk siswanya belum kami swab ulang. Masih menunggu 5-7 hari isoman (isolasi mandiri). Setelah itu nanti kami minta mereka ke sekolah atau bisa langsung ke Puskesmas Sumberharta untuk swab antigen ulang,” ungkapnya.

Belajar dari kasus ini, Turyana kembali mengingatkan, jika nanti Pembelajaran Tatap Muka (PTM) kembali dilakukan siswa-siswi dan guru diminta lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Terutama cuci tangan dan cenar dalam memakai masker,” ungkapnya.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *