Musi Rawas Tuan Rumah Kerjurprov Catur

FOTO - Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud (tengah) didampingi sejumlah pejabat foto bersama Pengurus Pengcab Percasi Kabupaten Mura di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mura, Rabu (16/3/2022). FOTO : MUHAMMAD YASIN / LINGGAU POS

LIPOSSTREAMING.NEWS- Tahun ini Kabupaten Musi Rawas (Mura) jadi tuan rumah Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur. Kejuaraan tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) itu rencananya diadakan 13,14,15 dan 16 Mei 2022. Informasi tersebut diketahui usai Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Mura diketuai Beni Chandra audiensi dengan Bupati Mura Hj Ratna Machmud di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mura, Rabu (16/3/2022).

Hj Ratna Machmud menyambut baik Kejurprov Catur yang akan dilaksanakan di Kabupaten Mura. Bupati menyarankan lokasi pelaksanaan Kejurprov Catur di Gedung Auditorium Pemerintah Kabupaten Mura. “Kalau mau lokasi yang representatif tempat pelaksanaan Kejurprov Catur di Gedung Auditorium,” saran Bupati.

Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Percasi Kabupaten Mura yang juga Anggota DPRD Kabupaten Mura Beni Chandra menceritakan kronologi Kabupaten Mura ditunjuk menjadi tuan rumah Kerjurprov Catur. Usai Kejurprov Catur Tahun 2021 di Kabupaten Ogan Ilir (OI) dilakukan musyawarah seluruh pengurus Pengcab Percasi se-Provinsi Sumsel. Karena pada saat itu tidak ada yang menunjuk bersedia menjadi tuan rumah maka Ketua Percasi Sumsel menawarkan kepada Kabupaten Mura.

“Saat itu saya menjawab kami pengurus Pengcab Percasi Kabupaten Mura siap menjadi tuan rumah. Karena Percasi bernaung di Komite Olaraga Nasional Indonesia (KONI) maka kami harus berkoordinasi dengan pengurus KONI Kabupaten Mura, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Yang paling utama harus minta persetujuan Bupati Mura,” jelasnya.

Ia bersyukur setelah koordinasi, KONI dan Dispora mendukung Kabupaten Mura menjadi tuan rumah Kejurprov Catur Tahun 2022. “Alhamdulillh ada lampu hijau dari KONI dan Dispora Mura makanya kami bersedia menjadi tuan rumah Kejurprov Catur. Surat rekomendasi surat diterbitkan oleh Percasi Sumsel,” jelasnya.

Dengan adanya surat penujukan Kabupaten Mura menjadi tuan rumah Kerjurprov maka pihaknya harus siap-siap untuk melaksanakannya. “Even tersebut bukan main-main, tingkat Provinsi Sumsel peserta 17 kabupaten/kota. Jumlah peserta lebih kurang 200 orang. Untuk itulah kami audiensi dengan Bupati Mura selaku kepala wilayah dan pimpinan kita. Intinya kami mohon restu, petunjuk dan pertimbangan Bupati Mura,” jelasnya.

Istimewanya lagi, Kerjurprov dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mura ke-67. “Pada Kejurprov Catur nanti juga akan dilakukan pelantikan pengurus Pengcab Percasi Kabupaten Mura masa jabatan 2021-2026.
Ada tiga agenda yang akan dilaksanakan Percasi Kabupaten Mura yakni Kerjurprov, pelantikan pengurus dan akan melaksanakan open turnamen tingkat Kabupaten Mura untuk mencari bakat pemain catur U21 ke bawah melalui Open Turnamen Catur Tingkat Kabupaten Mura U21 tiga bulan kedepan, ” jelasnya.

Hasil audiensi ini akan dilaporkannya kepada pengurus Percasi Sumsel. “Selanjutnya kami akan membahas teknis pelaksanaan termasuk lokasi pelaksanaan Kejurprov Catur ada di Gedung Auditorium seperti yang direkomendasikan Bupati atau akan ditempat lain nanti akan diputuskan kemudian,” paparnya.

Saat audiensi dengan Bupati Mura, hadir pula Sekretaris Dispora Kabupaten Mura Bernidho, Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Utep Suherman dan lain-lain. (sin)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *