Mau ke Sekolah Terhalang Banjir

Mau ke Sekolah Terhalang Banjir

LIPOSSTREAMING.NEWS – Hujan lebat Selasa (15/3/2022) dini hari menyebabkan banjir di sejumlah titik. Khusus di Jalan Poros Blok C dan Blok D, Desa Karya Sakti, Kecamatan Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas (Mura) banjir merendam jalan.

Air selutut orang dewasa mengganggu akses masyarakat yang hendak aktivitas. Termasuk pelajar yang akan sekolah.

“Memang di Blok C dan Blok D Karya Sakti ini sering banjir. Maka, bagi peserta didik yang terhalang banjir boleh belajar dari rumah. Kalau yang tidak terhalang banjir tetap sekolah,” ungkap Kepala SMPN Karya Sakti Ferra Martha, kemarin.

Ia mengakui banjir itu bukan disebabkan sampah. Melainkan karena memang titik banjir adalah dataran rendah. Sehingga sangat mudah tergenang air.

Sementara Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mura Echo Sefriawan menjelaskan, selain Muara Kelingi ada beberapa titik jalan aspal yang juga rawan terendam banjir. Seperti di Kecamatan BTS Ulu.

“Kalau kecamatan yang rawan banjir banyak. Selain Kelingi dan BTS Ulu, ada Muara Lakitan dan Megang Sakti,” jelasnya.
Ia membenarkan, Blon C dan D Karya Sakti Muara Kelingi jalan aspalnya rawan terendam banjir. Oleh karena itu, ia terus koordinasi dengan Dinas PU Bina Marga Musi Rawas untuk bisa memperhatikan pembangunan jalan di dataran rendah.

“Kami juga sedang mengusulkan ke pusat untuk dana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat banjir. Termasuk jalan ini bisa dibenahi dengan dana ini. Tapi kami baru tahap pengajuan, “ jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga Mei 2022 intensitas hujan sedang dan lebat masih terjadi di Kabupaten Musi Rawas dan sekitarnya.

“Makanya kami masih siaga banjir dan tanah longsor sampai Mei
2022. Prediksi kami puncaknya Mei,” ungkap Echo. (lik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *