IKPS Kota Lubuklinggau Peringati Nuzulul Qur’an

NUZULUL QURAN : Keluarga besar IKPS Kota Lubuklinggau sedang memperingati Nuzulul Quran dalam Ramadhan 1443 H di Mushala IKPS Kota Lubuklinggau, Jumat (22/4/2022).
Ketua IKPS Lubuklinggau Azizil Fikri

LIPOSSTREAMING.NEWS – Pertengahan Ramadhan 1443 H dimanfaatkan masyarakat Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Kota Lubuklinggau menggelar peringatan Nuzulul Quran, Jumat (22/4/2022). Kegiatan yang dihadiri keluarga besar IKPS ini terpusat Mushala IKPS Kota Lubuklinggau.
Ketua IKPS Kota Lubuklinggau Azizil Fikri merasa bangga jamaah yang hadir dalam Nuzulul Quran sangat banyak seperti ini. Ia berharap semoga semuanya selalu istiqomah dijalan Allah SWT.
Ia menuturkan, silaturrahmi sangat penting dalam menjalin ukhuwah persaudaraan sesama perantau Minang khususnya IKPS. Maka dosen Universitas PGRI Silampari (UNPARI) ini sangat bersyukur, silaturahmi keluarga IKPS terus terjalin.
Pada malam itu, sembari menikmati lemang jemaah menyimak tausiyah yang disampaikan Ustadz Yusup, Lc, MA.
Ustadz Yusuf menjelaskan, malam Nuzulul Quran adalah malam di mana pertama kali kitab Suci Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw.

Dikatakannya, bahwa pada malam 17 bulan Ramadan, malaikat Jibril mengirimkan wahyu kitab suci Alquran kepada Nabi Muhammad di Gua Hira. Makanya umat muslim selalu menantikan datangnya malam ini, lalu mengisinya dengan ibadah dan amalan baik.
Dalam malam Nuzulul Quran, ayat pertama yang Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad saw adalah perintah untuk membaca.
“iqra` bismi rabbikalla?? khalaq” artinya bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.

Itu artinya apa? Bahwa semua yang ada di kanan kiri kita objek yang bisa kita baca.

Apakah itu berupa buku, naskah, jagat alam yang ada di kanan kiri kita semuanya adalah milik Allah SWT.

Oleh karena itu, ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, di samping perintah membaca, juga perintah untuk menyebut Asma Allah SWT.

Perintah membaca ini luar biasa karena peradaban manusia itu bisa berkembang, bisa maju, kalau kita mempunyai kecakapan untuk membaca.
(lik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *