Gaji Kades Cair Setiap Bulan

ILUSTRASI BANTUAN
ILUSTRASI BANTUAN

LIPOSSTREAMING.NEWS – Kabar baik untuk seluruh Kepala Desa (Kades). Pasalnya, gaji mereka yang semula diberikan tiga bulan sekali kedepan akan dibayarkan setiap satu bulan sekali.

Kebijakan ini disampaikan Presiden RI Joko Widodo dalam acara Silahturahmi Nasional Desa Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, 29 Maret 2022.

Ia memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian agar membayar gaji kepala desa setiap bulan.

Kabar ini disambut baik oleh para Kades di Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Muratara.

Ketua APDESI Kabupaten Mura, Dodi Johan mengatakan keputusan ini sudah menjadi harapan seluruh Kades sejak lama, gaji dibayar per bulan. Pasalnya selama ini dibayar per tiga bulan. Pada saat awal tahun, gaji untuk Januari, Februari dan Maret biasanya dibayar April karena Anggaran Dana Desa (ADD) baru dicairkan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Ya besar harapan kami kepada Bupati, agar gaji dibayar per bulan,” ungkap pria menjabat Kades Mandi Aur kepada Linggau Pos, Rabu (30/3).

Dijelaskanya ADD berasal dari APBD Kabupaten Mura. ADD dicairkan perenam bulan sekali. Sehingga gaji kades dibayar untuk gaji Januari, Februari dan Maret dibayar tiga di April. Selanjutnya April, Mei dan Juni dibayar perbulan. Lalu Juli, Agustus dan September biasanya cair di bulan September.

“Harapan kami gaji dibayar setiap bulan. Gaji PNS saja bisa dibayar setiap bulan,” tegasnya.

Harapan tersebut sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dalam acara silaturahmi nasional (Silanas). Presiden berjanji akan memerintahkan Mendagri unruk menyurati kepala daerah agar segera membayar gaji kades perbulan. Harapan tersebut sudah kita sampaikan kepada Presiden.

“Presiden berjanji akan memerintahkan Mendagri agar menyurati kepala daerah untuk membayar gaji Kades perbulan,” ungkapnya.

Gaji kades saat ini Rp 3,5 perbulan. APDESI Kabupaten Mura sendiri beraggotakan 186 Kades.

“Selain minta gaji dibayarkan perbulan, para Kades juga juga berharap gaji mereka dinaikan,” tambahnya.

Ketua Apdesi Muratara, Amir HM juga mengatakan hal yang sama. Berharap, kedepab gaji Kades dibayarkan perbulan. Dan saat ini usulan ini telah disetujui oleh presiden .

Ia mengaku, kalau selama ini gaji Kades dibayar tiga bulan sekali, bahkan pernah dibayarkan enam bulan sekali.

Amir menjelaskan selain gaji dikeluarkan setiap bulan ada usulan lainnya, seperti meminta insentif dari Dana Desa sebesar lima persen, namun dikabulkan tiga persen.

“Kemudian cap Kades kalau selama ini seperti stempel ormas diganti menjadi cap dengan gambar garuda, biar surat itu lengkap dan kuat kalau stempelnya garuda,” ungkap Amir.
(sin/cw02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *