Calon Pengantin di Muratara Wajib Lampirkan Surat Rekomendasi Puskesmas

H Ikhsan Baidjuri - Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Muratara

 

MURATARA – Calon Pengantin (Catin) di Kabupaten Muratara yang akan mendaftarkan pernikahan mereka ke Kantor Urusan Agama (KUA), wajib mendapatkan surat rekomendasi dari Puskesmas. Surat ini menunjukan jika mereka sudah mengikuti Vaksin TT, melakukan pengecekan kehamilan dan HB darah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Muratara, H Ikhsan Baidjuri saat dibincangi, Rabu (23/2/2022).

Menurut Ikhsan, kebijakan ini dilakukan sebagai upaya Kemenag ikut berpartisipasi dalam penurunan angka stunting, dengan memastikan Catin siap menikah dan memiliki keturunan.

“Kita akan terus melakukan upaya untuk ikut terlibat dalan penurunan stunting di Muratara, dengan mewajibkan setiap Catin sebelum melangsungkan pernikahan melakukan konsultasi ke puskesmas dan DPPKB,” ungkapnya

Ikhsan menjelaskan, untuk membina keluarga sejahtera ada tiga kementerian yang berkolaborasi dan melaksanakan kerjasama yaitu Kemenag, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Ketiga Lembaga ini membuat kerjasama untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam rangka membina keluarga yang sejahtera. Turunan dari itu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Binmas) Kemenag RI sudah melaksanakan MoU dengan Sekretaris Badan Kependudukan dan KB Nasional.

“Kabupaten Muratara juga akan membuat turunannya, dengan segera melakukan MoU antara Kemenag Muratara dengan BKKBN Muratara. Saya dapat informasi dari BKKBN Muratara sudah membentuk tim setiap Desa ada tiga orang, tugas tim ini mendampingi para catin untuk memberikan pemahaman bahwa bahwa vaksin TT, penambahan HB darah dan tespack itu sangat diperlukan,” jelasnya.

Ia meyakinkan, apa yang mereka lakukan saat ini akan memberikan dampak yang luar biasa untuk para keluarga muda. Setelah perkawinan nanti mereka akan tahu apa menfaatnya, oh seperti ini manfaatnya dan apa yang harus dilakukan.

“Kemenag juga sudah membuat program Bimbingan Perkawinan (Bimwin) untuk menambah mental spiritual catin,” tambahnya. (cw02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *