Begini Cara Dapatkan Beasiswa LPDP

BEASISWA Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2022 tahap satu dibuka mulai 25 Februari 2022 hingga 27 Maret 2022 di mana pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

Dalam laman LPDP yang dikutip Selasa (1/3/2022), dijelaskan, pelamar diminta untuk melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

Untuk seleksi administrasi dimulai pada 28 Maret hingga 11 April 2022. Sementara seleksi bakat skolastik dimulai pada 18 April hingga 22 April 2022 dan seleksi substansi pada 16 Mei hingga 25 Juni 2022. Pengumuman hasil seleksi substansi pada 30 Juni 2022.Beasiswa terbagi dalam tiga kategori yakni pendaftaran beasiswa afirmasi, beasiswa umum dan beasiswa targeted.

Untuk beasiswa afirmasi terdiri dari sejumlah beasiswa lainnya yakni beasiswa daerah afirmasi, beasiswa penyandang disabilitas, beasiswa prasejahtera, dan beasiswa putra-putri Papua.Beasiswa daerah afirmasi merupakan program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat yang berasal dari daerah afirmasi untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor.

Selanjutnya beasiswa penyandang disabilitas adalah beasiswa beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor.

Beasiswa Prasejahtera adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin untuk melanjutkan studi jenjang pendidikan magister.Sementara beasiswa putra-putri Papua adalah program beasiswa yang diperuntukkan bagi putra-putri asli Papua untuk menempuh jenjang pendidikan magister dan doktor.

Untuk beasiswa umum terdiri dari beasiswa reguler dan beasiswa parsial atau co-founding. Pada beasiswa parsial tersebut, masyarakat diberikan kesempatan pada masyarakat untuk berperan dalam pendanaan beasiswa.Sedangkan untuk beasiswa targeted diperuntukkan bagi PNS, TNI dan Polri dan juga beasiswa kewirausahaan yang diperuntukkan bagi masyarakat yang bergerak di bidang kewirausahaan untuk menempuh jenjang magister luar negeri.(republika)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *