Azandri : Insentif untuk Guru PAUD Musi Rawas Sudah Dibahas

Azandri - Ketua DPRD Kabupaten Musi Rawas

LIPOSSTREAMING – Pemerintah Kabupaten Musi Rawas (Mura) pun akan mengucurkan insentif guru TK/PAUD. Hanya saja, dijelaskan Ketua DPRD Kabupaten Mura, Azandri pihaknya telah membahas soal pemberian insentif guru PAUD dari APBD Kabupaten Mura. “Namun untuk di APBD induk tahun anggaran 2022 belum dinggarkan. Maka bisa jadi nanti dianggaran perubahan. APBD induk itu disahkan bersifat sementara seiring berjalannnya waktu ada perubahan anggaran untuk menyesuaikan dengan program pembangunan,” jelasnya.

Menurut Azandri tidak masalah memberikan insentif kepada guru PAUD. Itulah bentuk kepedulian pemerintah kepada tenaga pendidik guru PAUD. Namun demikian, kata dia,bahwa untuk anggaran PAUD ada di Dana Desa (DD). Kalau Pemkab Mura berikan insentif guru PAUD tidak seluruhnya hanya untuk tambahan saja.

Sementara Ketua IGTKI PGRI Kabupaten Mura Lia berharap, insentif guru TK/PAUD yang nominalnya Rp 250 ribuan itu bisa cair sebelum Idul Fitri 1443 H. “Ketua Forum PAUD ibu Wani yang memperjuangkan insentif guru PAUD ini mengatakan, Pemkab Mura sudah menganggarkan insentif guru PAUD/TK. Tapi cairnya apakah Juni atau Juli 2022 belum tahu. Makanya, kami berharap kalau bisa cairnya sebelum Idul Fitri 1443 H,” harap Lia.

Sebab, kata Lia, selama ini guru-guru PAUD itu, tak ada yang menerima THR sebagaimana PNS. Sebab gaji guru PAUD disesuaikan dengan SPP anak, dan tidak pernah lebih. “Kalau dapat insentif itu sebelum lebaran, anggap saja seperti THR untuk guru PAUD/TK. Syukur-syukur ada THR dianggarkan untuk Guru PAUD/TK,” ungkapnya.

Selama ini, kata Lia, ada guru TK yang mengajar sampai 30 tahun. Gajinya kisaran Rp 300 ribu per bulan. “Memang jam mengajar di PAUD 2,5 jam per hari atau 200 jam per minggu. Namun amanah ini tetaplah harus ditunaikan. Makanya, kami harap insentif yang dijanjikan bisa dicairkan. Kalau bisa cair per triwulan ngga papa, untuk Januari, Februari, Maret cair awal April 2022,” harapnya.

Sebenarnya, ungkap Lia, rencana awalnya Pemkab Mura akan memberikan insentif Rp 350 ribu per orang untuk 600 guru PAUD/TK. Namun, ternyata setelah didata lagi ada 900-an guru PAUD/TK. Sehingga agar semuanya bisa dapat, insentif yang diberikan Rp 250 ribu per orang.(sin/lik)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *