4 Poktan DPPKB Harus Berfungsi

Ilustrasi

LIPOSSTREAMING.NEWS – Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) melalui bidang Kesejahteraan Keluarga adakan sosialisasi, di gedung serba guna Kecamatan Karang Jaya, Senin (14/3/2022).

Kegiatan dilaksanakan per Kecamatan, yang dihadiri dari pihak Kecamatan, Lurah, Kades dan Kader KB Desa.

Kepala DPPKB Muratara, dr Marhendra mengatakan kelompok kegiatan (poktan) terdiri dari poktan Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA).

“Setiap desa memiliki 4 Poktan yang tersebar di 89 Desa dan Kelurahan di Kabupaten Muratara,” jelas dr Marhendra.

Setiap Poktan melaksanakan kegiatan-kegiatan sesuai dengan fungsinya pokan masing-masing.

“Seperti BKB membina keluarga-keluarga yang memiliki balita, agar keluarga mampu memberi pengasuhan balit. BKR membina keluarga yang memiliki anak remaja, agar remaja-remaja tersebut tidak menikah dini. Lalu Poktan BKL, mendampingi Lanjut Usia (Lansia) menjadi lansia tangguh yang mampu mengurus dirinya sendiri serta UPPKA agar terbentuk kelompok usaha yang mampu membantu peningkatan pendapatan keluarga akseptor,” ungkapnya.

dr Marhendra berharap pengurus poktan yang sudah dibentuk, nantinya bisa bekerja dengan baik denngan Pemerintah Desa dan bisa memberikan perhatian terhadap kegiatan-kegiatan Poktan di masing-masing Desa serta pada akhirnya Ketahahan Keluarga bisa terwujud. (cw02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *