22 Kampus di Tujuh Provinsi Ikut Seminar Nasional UnivBi

Co-Host Seminar Nasional yang diadakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Bina Insan 19 Mei 2022, yakni STIE Indonesian Banking School, Universitas Dehasen Bengkulu, Institut Informatika dan Bisbis Darmajaya Lampung, Palcomtech Palembang, Universitas Budi Darma Medan, Politeknik Cendana Medan, Institut Teknologi Pagaralam, Universitas Musi Rawas, STIM Sukma Medan, dan Universitas Islam Ogan Koemring Ilir Kayu Agung .

LIPOSSTREAMING.NEWS –  Prof. Dr. Kamaludin Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Bengkulu yang juga Rektor Universitas Dahasen Bengkulu menambahkan, adanya perguruan tinggi memberikan dampak ekonomi yang besar. Mulai dari serapan tenaga kerja, kerjasama riset dengan pemerintah setempat, sebaran pemerataan pendidikan atau membantu program pemerintah menghasilkan SDM lokal yang handal dan mempercepat dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Maka, sekalipun pandemi kata dia mau tidak mau perguruan tinggi harus memberanikan diri melakukan aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi walaupun tidak 100% secara konvensional. Minimal 60 sampai 70% maka Insyaallah roda perekonomian minimal di lingkungan kampus akan hidup kembali.

Sedangkan Febrianty dari PalComtech Palembang menjelaskan tentang ‘Riset perguruan tinggi sebagai implementasi hulu ke hilir dan karya inovasi bangsa’.
“Yang dilakukan perguruan tinggi harus jelas, yaitu membangun dan komitmen menciptakan SDM periset yang unggul. Jangan lupa beri kepercayaan kepada preset, fasilitasi kebutuhan riset yang menuju hilirisasi dan buat sentra riset yang terintegrasi dan khusus dukung riset yang didasarkan atas kebutuhan pasar.

Selain itu, perguruan tinggi juga harus membuat banyak jejaring kerjasama dengan mitra dunia usaha dan dunia industri sebagai bakal pengguna hasil riset. Lalu libatkan dan tingkatkan peran kerjasama pemerintah, industri, inkubator, komunitas, asosiasi bisnis atau usaha. Jalin juga kerjasama dengan perguruan tinggi lain untuk bisa knowledge sharing,” jelasnya.

Pada seminar nasional itu, Muhammad Said Hasibuan menambahkan bahwa perguruan tinggi harus memiliki komitmen yang kuat untuk selalu beradaptasi dan berkolaborasi mengambil peran dalam membangun NKRI.

“Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan transformasi perguruan tinggi yang perlu didukung agar tercipta SDM yang unggul,” sebutnya.(LIPOS)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *