1.513 Anak Belum Punya Akte Kelahiran

GILIRAN - Masyarakat sedang menunggu giliran mengurus administrasi kependudukan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Musi Rawas, Selasa (22/2/2022).

LIPOSSTREAMING.NEWS-Pencetakan akte kelahiran anak usia 0-18 tahun di Kabupaten Musi Rawas (Mura) sudah melampaui target naaional. Pada tahun 2022 ditargetkan 97%, pada Januari 2022 kepemikan akte kelahiran anak sudah tercapai 98,85%. “Sebanyak 129.269 anak sudah punya akte kelahiran,” jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Mura, H Ymori melalui Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil, Riko Ardianto, Selasa (22/2/2022).

Menurut dia, melihat realisasi tersebut artinya untuk mencapai 100,% tinggal 1,15% lagi dari 131.039 anak yang ada di Kabupaten Mura. Jadi anak yang belum ada akte kelahiran 1.513 jiwa. Menurutnya, untuk membuat akte kelahiran lebih gampang, tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil Kabupaten Mura cukup melalui WhatsApp. Layanan membuat akte kelahiran anak diberi nama Sajahi yang artinya “Sentuh aku dengan jari mu,” jelasnya.

Untuk mengajukam permohonan pembuatan akte kelahiran anak menggunakan smartphone. Persyaratan administrasi difoto lalu kirimkan ke WhatsApp (WA). Syaratnya, yaitu surat keterangan lahir dari rumah sakit atau bidan yang membantu proses persalinan, buku nikah kedua orang tua dan kartu keluarga (KK). “Ada operator yang akan memprosesnya. Setelah diproses oleh petugas Disdukcapil lalu file akte kelahiran dikirim kepada pemohon. Masyarakat dapat mencetak sendiri akte kelahiran tersebut. Hampir semua administrasi kependudukan dapat dicetak sendiri oleeh masyarakat kecuali kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu identitas anak (KIA),” jelasnya.

Disamping melalui WA Disdukcapil juga tetap melaksanakan pelayanan pembuatan adminduk dengan mendatangi desa-desa melalui program Gertak (Gerakan Cetak Ditempat). “Kami juga ada petugas yang mobail mendatangi desa-desa untuk pembuatan semua adminduk,”jelasnya. (sin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *