Lima Provinsi Sudah Melewati Puncak Kasus Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

LIPOSSTREAMING.NEWS– Sedikitnya ada 13 provinsi yang menjadi sorotan melampaui puncak kasus harian Covid-19 pada gelombang varian Delta sebelumnya. Namun 5 di antaranya sudah mulai menurun dan melewati puncak kasus. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Senin (21/2/2022). Ia menyebutkan kasus Covid-19 harian di tengah lonjakan varian Omicron mulai turun.

Sebanyak 13 provinsi tersebut adalah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Papua, Sulawesi Utara, Lampung, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatra Selatan. Dan 5 di antaranya sudah menunjuki tren menurun.

“(Lima yang menurun, Red) DKI Jakarta, Bali, Banten, Maluku, dan NTB. Yang lainnya sedang ada di puncak atau dalam jalan untuk mencapai ke puncak,” ujarnya dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), melalui virtual, Senin (21/2/2022).

Budi menambahkan, puncak kematian berpotensi terjadi pada rentang waktu 15-20 hari sesudah puncak kasus Covid-19. “Jadi walaupun di beberapa provinsi seperti DKI Jakarta sudah mulai menurun, Bali juga sudah mulai menurun, tapi puncak kematiannya baru akan terjadi dua minggu sesudahnya,” ujarnya berdasarkan data Setkab.

Pemerintah, kata dia, terus berupaya untuk menekan tingkat kematian akibat Covid-19. Salah satunya dengan menghubungkan sistem BPJS Kesehatan dengan Kementerian Kesehatan. ’Kita sudah melakukan kerja sama dengan BPJS agar semua (pasien) yang (memiliki) komorbid bisa kita identifikasi lebih dini. Jadi walaupun kasusnya ringan, tapi bisa segera langsung masuk karpet merah di rumah sakit-rumah sakit kita,” jelasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *