G30S/PKI  : Sejenak Menengok Sejarah dan Peristiwa

G30S/PKI : Sejenak Menengok Sejarah dan Peristiwa
G30S/PKI : Sejenak Menengok Sejarah dan Peristiwa

LIPOSSTREAMING.NEWS – Berdirinya Indonesia mempunyai sejara ynag amat panjang. Setelah merdeka pada 17 Agustus 1945, indonesia masih perlu perjuangan dalam melakukan kedaulatan bangsa seutuhnya.

Negara Indonesia bahkan harus menghadapi berbagai pergolakan setelah memperoleh kemerdekaan. Salah satunya yaitu adanya peristiwa yang disebut dengan Gerakan 30 September yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia di tahun 1965.

Peristiwa tersebut lebih dikenal dengan G30S/PKI. Apa itu G30S/PKI. Peristiwa ini terjadi pada 30 September hingga 1 Oktober 1965 di Jakarta dan Yogyakarta ketika enam perwira tinggi dan satu perwira menengah TNI Angkatan Darat Indonesia beserta beberapa orang lainnya dibunuh dalam upaya kudeta.

Sejarah berdirinya PKI tak lepas dari Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV), partai kecil berhaluan kiri yang didirikan oleh tokoh Sosialis Belanda, Hendricus Josephus Franciscus Marie Sneevliet atau dikenal dengan Henk Sneevliet.

Berikut adalah kronologi peristiwa G30S beserta sejarah dari berbagai sumber :

Sejarah Singkat G30S/PKI G30S

Gerakan 30 September  atau G30S/PKI G30S merupakan gerakan yang bertujuan menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini dipimpin DN Aidit, yang saat itu merupakan ketua dari Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, Letkol Untung, yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang dianggap loyal pada PKI.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *