TKS Puskesmas yang Baru Diangkat TKST, yang 10 Tahun Belum Jelas

TKS atau TKST (ilustrasi)
TKS atau TKST (ilustrasi)

LIPOSSTREAMING.NEWS – Tenaga Kerja Sukarela (TKS) Kesehatan di Kabupaten Musi Rawas mempertanyakan kriteria untuk menjadi Tenaga Kerja Sukarela Terdaftar (TKST).

Pasalnya salah satu TKS di UPT Puskesmas di Musi Rawas Ini sudah 10 tahun bekerja sebagai TKS, namun TKS ini kecewa dengan adanya TKS yang baru beberapa minggu masuk kerja malah SK menjadi TKST nya telah diterbitkan.

Hal itu diungkapkan LA salah satu TKS yang telah bekerja sekitar 10 tahun lamanya di UPT Puskesmas di Kabupaten Musi Rawas.

BACA JUGA : Penghapusan Honorer Tinggal Tunggu Juknis Kemenpan-RB

“Saya 10 tahun kerja sebagai TKS, namun saya sama sekali tidak diprioritaskan untuk menjadi TKST. Itu juga berbanding terbalik dengan salah satu TKS yang baru bekerja beberapa bulan malah bisa dikatakan beberapa minggu telah mendapatkan SK TKST yang kami harapkan berpuluh-puluh tahun,” ungkap LA, Jumat (26/8/2022).

Ia juga mengungkapkan, hingga saat ini masih bingung kriteria untuk memastikan bahwa seorang TKS itu bisa menjadi TKST. Apakah ada syarat atau kriteria khusus untuk bisa masuk menjadi TKST. “Kenapa saya yang 10 tahun tidak diprioritaskan,” ucapnya.

Keluhan yang sama juga diungkapkan TKS di UPT Puskesmas lainnya inisial SI. Mereka tidak menuduh, kalau memang ada kedekatan dengan pejabat di Dinkes artinya semua orang yang baru masuk kerja sebagai TKS bisa masuk semua.

“Lalu bagai mana dengan kami yang telah bertahun-tahun ini, ini bukan soal honor tapi ini soal kejujuran dan kinerja. Kalau memang kami tidak diprioritaskan, lalu apa kriteria untuk bisa menerima SK TKST tersebut. Jangan karena ada kedekatan, ini sudah ada unsur KKN atau sebagainya. Lalu kami ini apa dengan kerja 10 tahun namun tidak diartikan sama sekali,” jelas SI.

BACA JUGA : Inilah Kronologi Honorer Dishub Tewas Dirumah Sakit

SI mengaku mengetahui orang yang baru masuk TKS itu sudah menjadi TKST. Namun SI enggan menyebutkan identitas orang yang dimaksud.

“Waktu penyerahan berkas saya sendiri yakin kalau saya bisa menjadi TKST, karena saya merasa dibandingkan dengan yang lain saya sudah 10 tahun kerja. Namun ternyata begini jadinya, saya kecewa dan saya tidak tahu mau mengadu ke mana dengan adanya tidak ada kejujuran ini. Sebenarnya ini ada apa? Lalu apa kriteria yang benar untuk menjadi TKST,” ungkap SI dengan nada kecewa.

Mereka bingung, karena statusnya hannyalah TKS. Jadi kalau pun kami mempertanyakan kepada kepala puskesmas, tidak ada keputusan pasti.

“Kami juga sekarang dianggap seperti tidak ada. Mau kerja atau tidak kami masih seperti ini, begitulah anggapan kalau kami mengadu ke Kepala Puskes. Jadi kami ini tidak tahu lagi memperjuangkan untuk menjadi TKST ini,” keluhnya.

Sementara itu Kepala UPT Puskesmas Megang Sakti, dr Sukoco menanggapi terkait kriteria penerimaan TKST.

“Kalau itu, saya ikut saja aturannya. Kalau untuk SK kan langsung dari dinas, bukan kami yang membuat. Itu langsung dari Dinas Kesehatan,” ungkapnya.

BACA JUGA : Lebih dari 400 Perawat di Musi Rawas Statusnya Honorer

Sukoco mengaku tidak mengetahui mengenai kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi TKST. Pihaknya hanya menerima saja siapa yang mau bekerja. “Kami juga tidak paham aturannya,” katanya.

Saat ditanya adanya TKS yang baru beberapa bulan telah menerima SK TKST, sedangkan yang TKS lama yang telah bekerja selam 10 tahun tidak menerima SK?

Sukoco mengaku untuk kriterianya yang pasti dirinya tidak paham. Dia menyarankan menanyakan langsung ke Bagian Kepegawaian (Dinkes). “Alhamdulillah kalau kami TKS nya lama-lama semua, ada yang 12 tahun, 5 tahun,” akunya.

Sukoco menambahkan, sejak adanya edaran tidak boleh menerima TKS, dirinya tidak pernah lagi mengeluarkan SK. Untuk TKST pihaknya tetap memaksimalkan yang lama.

“Kalau kepingin ya TKST saja semuannya, walau TKS merekakan juga terdaftar juga di sistem Kementerian Kesehatan sudah terdaftar semua,” jelasnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *