Sampah 40 Ton Per Hari di Musi Rawas Teratasi

LIPOSSTREAMING.NEWS – Selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, volume sampah di Kabupaten Musi Rawas (Mura) tidak meningkat.

“Selama libur lebaran volume sampah tidak meningkat, normal seperti hari-hari biasanya. Hanya pada bulan Ramadhan volume sampah meningkat banyak kulit dogan (kepala muda,red),” jelas Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mura, Teddy Lizuardi melalui Kasi Penanganan Sampah Tusan, Selasa (10/5/2022).

Hari kedua lebaran Rabu (3/5/2022) Tusan mengaku mengontrol kerja bawahan dengan patroli melihat di sejumlah titik Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

“Hari kedua lebaran saya pantau keliling, petugas pengangkut sampah sudah kerja, tidak ada penumpukan sampah di TPS,” tambahnya.

Menurut Tusan DLH Kabupaten Mura tidak kewalahan mengangkut sampah saat libur lebaran disamping karena volume sampah tidak meningkat dan petugas pengangkut sampah hanya libur satu hari pada hari pertama lebaran 1 Syawal 1443 Hijriyah atau bertepatan dengan Sanin (2/5/2022).

“Petugas pengangkut sampah hanya libur satu hari, hari kedua lebaran sudah kembali bertugas,” jelasnya.

Disamping itu jumlah armada pengangkut sampah sekarang ada lima unit drum truk yang beroperasi, selama ini empat unit.

“Dengan adanya penambahan armada. Alhamdulillah petugas pengangkut sampah tidak kewalahan lagi mengangkut sampah dari TPS ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Simpang Gegas,” jelasnya.

Menurut Tusan, volume sampah rata-rata 40 ton per hari dari 7 kecamatan yang sampahnya diangkut petugas DLH Kabupaten Mura.

Adapun tujuh kecamatan dimaksud yakni STL Ulu Terawas, Sumber Harta, Tugumulyo, Purwodadi , Megang Sakti, Muara Beliti dan Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK).

“Rata-rata pengangkutan sampah 40 ton per hari, sehingga dengan lima unit armada pengangkut sampah satu kali angkut teratasi,” ungkapnya. (sin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *