Musi Rawas Sudah Ada Jaringan Smart City di Enam Desa

Kabid Infrastruktur Diskominfo Musi Rawas Tri Wahyudi
Kabid Infrastruktur Diskominfo Musi Rawas Tri Wahyudi

LIPOSSTREAMING.NEWSPemerintah Kabupaten Musi Rawas terus berjuang mengurangi desa blank spot. Program tersebut selaras dengan visi misi Bupati Hj Ratna Machmud dan Wakil Bupati (Wabup) Hj Suwarti, Musi Rawas Smart City.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik (Diskominfo) Musi Rawas, Moch Salman Alfaresi melalui Kabid Infrastuktur Tri Wahyudi menjelaskan tahun 2021, Hj Ratna Machmud melalui Diskominfo Mura mengajukan permohonan bantuan internet desa ke Pemprov Sumatera Selatan.

“Sesuai daftar usulan permohonan bantuan internet desa dari Bupati Mura yang bersumber dari bantuan Gubernur Sumsel,” jelasnya, Minggu (3/7/2022).

Sebanyak enam desa yang diusulkan yakni Desa Kebur Jaya Kecamatan Tiang Pumpung Kepungut (TPK), Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti, Desa Petrans Jaya Kecamatan Muara Kelingi, Desa Tambangan Kecamatan BTS Ulu, Desa Megang Sakti IV Kecamatan Megang Sakti, Desa Tugu Sempurna Kecamatan Muara Kelingi.

Dari enam desa yang diusulkan tiga desa diantaranya telah mendapatkan jaringan internet desa pada tahun 2021, dengan menggunakan fiber optik. Yakni Desa Kebur Jaya, Desa Durian Remuk dan Desa Tambangan.

“Tiga desa yang telah dipasang jaringan internet bantuan Pemprov Sumsel ini menggunakan jasa provider icon plus, jaringannya menggunakan fiber optik,” jelasnya.

Sementara tiga desa lainnya yaitu Desa Petrans Jaya, Desa Megang sakti IV dan Desa Tugu Sempurna akan dibangun jaringan internet desa tahun 2022.

Jaringan internet yang akan dipasang menggunakan jasa provider visat caranya, antena dipasang di kantor kepala desa (kades).

Sehingga masyarakat desa dapat menikmati internet gratis dengan wifi yang telah dipasang di kantor kades.
Sementara program dari Pemkab Mura melalui Diskominfo dan Statistik Kabupaten Mura dibangun secara bertahap. Wifi gratis Mura MANTAB (Maju Mandiri Bermartabat) selain dipasang di seluruh kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Ibu Kota Kabupaten Mura di Kecamatan Muara Beliti, juga ada di Taman Beregem.

Wifi gratis Mura MANTAB juga akan menjangkau Kantor Perpustakaan Daerah di Desa F Trikoyo, Kecamatan Tugumulyo. Sehingga masyakrakt yang berkunjung ke Perpustakaan dapat menikmati wifi gratis.

Wifi gratis juga telah dipasang di Sri Mulyo Kecamatan Terawas sebagai desa percontohan. Wifi gratis yang telah dipasang di Perpustakaan dan Desa Sri Mulyo menggunakan jalur radio yang dipancarkan dari Kantor Kominfo dan Statistik Kabupaten Mura.

Untuk memperluas jaringan wifi gratis, kedepannya masih dalam perencanaan apakah menggunakan sistem radio atau pakai kabel serat optik.

“Ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini masih dalam kajian kita, mana yang paling efektif dan efisien,” ungkapnya. Selain itu Dikominfo dan Stantistik juga meminta bantuan ke Kementerian Kominfo. (sin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *