Festival Lan Serasan Sekentenan Lestarikan Kesenian dan Kebudayaan

banner 468x60

LIPOSSTREAMING.NEWS – Sebanyak 66 peserta ikut Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Musi Rawas  Tahun 2022. Festival yang dibuka Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti bersama Ketua Pemangku Adat Kabupaten Musi Rawas H Ruseno dibuka dengan pemukulan dol.

Seluruh kegiatan Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Musi Rawas  Tahun 2022 terpusat di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kabupaten Mura Kecamatan Muara Beliti.

RajaBackLink.com
Bacaan Lainnya

Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022 diadakan  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Musi Rawas  ini, diikuti dengan total peserta Lomba Paduan Suara 10 group, Lomba Teater 14 group, dan 42 peserta mengikuti Lomba Nyanyi Lagu Daerah.

Wakil Bupati  Musi Rawas Hj Suwarti menyambut baik diadakan Festival Lan Serasan Sekentenan. Karena kegiatan salah satu alternatif untuk pelestarian kesenian dan kebudayaan daerah yang beraneka ragam.

Festival Lan Serasan Sekentenan Lestarikan Kesenian dan Kebudayaan, dibuka Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti bersama Ketua Pemangku Adat Kabupaten Mura H Ruseno
Festival Lan Serasan Sekentenan Lestarikan Kesenian dan Kebudayaan, dibuka Wakil Bupati Musi Rawas Hj Suwarti bersama Ketua Pemangku Adat Kabupaten Mura H Ruseno

“Oleh karena itu, kepada para peserta festival saya betul-betul harapkan kiranya  untuk memanfaatkan kesempatan menjalin persahabatan dan kebersamaan dengan tekad untuk memasyarakatkan pelestarian seni budaya daerah, sehingga masyarakat termotivasi untuk berperan aktif dalam berkreasi dan berinovasi di bidang seni budaya,” ungkap Hj Suwarti.

Ditambahkannya, kepada pihak panitia, sponsor, Tim Penilai/Dewan Juri dan semua pihak yang telah berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini, “Saya ucapkan terima kasih dan diharapkan dengan pertunjukan seni budaya tradisional dan berbagai lomba-lomba yang diadakan dapat menjunjung tinggi pelestarian kesenian dan budaya daerah sehingga terciptanya rasa kagum, rasa peduli dan membudayakan kecintaan kita terhadap seni budaya daerah,” harapnya.

Wabup mengajak masyarakat Kabupaten Mura melaksanakan pelestarian kesenian dan budaya daerah serta kehidupan dalam kebersamaan melalui kegiatan Festival Lan Serasan Sekentenan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2022.

“Sehingga kita dapat mewujudkan kehidupan masyarakat sebagai sumber kekuatan untuk mewujudkan Musi Rawas MANTAB (Maju, Mandiri, Bermartabat),” ajaknya.

Kepala Disbudpar Kabupaten Mura, Syamsul Joko Karyono mengatakan tujuan diadakan festival, memberikan motivasi kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam berkreasi dan berinovasi dibidang seni budaya.

Selain  itu untuk menggali, melestarikan, membina serta mengembangkan potensi seni budaya yang tersebar di 14 kecamatan dalam wilayah Kabupaten  Musi Rawas. Serta meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap nilai-nilai budaya dalam upaya peregenerasian seni budaya daerah yang berakar pada budaya bangsa. Juga untuk mengembangkan sikap kompetitif, kerjasama dan sportivitas masyarakat yang berwawasan global dan menjalin persahabatan dalam proses pelestarian Seni Budaya Indonesia.

“Festival ini merupakan agenda rutin yang sudah tercatat di Kementerian Pariwisata,” katanya.

Kegiatan festival berlangsung  21-22 September 2022. Pemenang lomba  untuk juara 1,2 dan, 3 mendapatkan uang pembinaan, tropi, dan piagam. Sedangkan juara harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan tropy dan piagam. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

RajaBackLink.com