Banyak Pipa Bocor Karena Faktor Korosi

PERBAIKI : Petugas BLUD SPAM Kabupaten Musi Rawas saat memperbaiki pipa distribusi yang bocor di Desa H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo, Selasa (22/11/2022).
PERBAIKI : Petugas BLUD SPAM Kabupaten Musi Rawas saat memperbaiki pipa distribusi yang bocor di Desa H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo, Selasa (22/11/2022).

LIPOSSTREAMING.NEWS – Petugas Badan Layanan Umum Daerah Sistem Pengolaan Air Minum (BLUD SPAM) Kabupaten Musi Rawas (Mura) terus melakukan perawatan pipa distribusi.  “Jika terjadi pipa bocor. kita lakukan perbaikan. Seperti hari ini (kemarin) petugas kita memperbaiki pipa bocor di Desa H Wukirsari Kecamatan Tugumulyo dan Kecamatan Megang Sakti,” jelas Kepala BLUD SPAM Kabupaten Mura Aspirino kepada Linggau Pos, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, terjadi kebocoran pipa sebagian besar karena faktor korosi.

BACA JUGA : Facebook, Membuatku Dipenjara 8 Tahun

“Sebagian besar terjadi kebocoran pipa karena korosi karena pipa kita sudah lama,” tambahnya.

Lama pengerjaan perbaikan pipa bocor tergantung tingkat kerusakan. Kalau kebocoran pipa cukup besar maka harus dipotong bagian pipa yang pecah lalu disambung lagi dengan pipa baru.

“Lama pengerjaan tergantung kerusakan. Kalau kerusakan ringan tidak lama, tapi kalau kerusakan berat bisa satu hari baru selesai,” sebutnya.

Waktu pengerjaan diutamakan diluar jam operasi agar tidak mengganggu distribusi air. Namun jika tidak memungkinkan menunggu waktu diluar jam operasi misalnya tingkat kerusakan besar maka segera diperbaiki dengan memutus saluran ke daerah yang pipanya bocor. Di beberapa titik itu ada valve atau perangkat yang mengontrol aliran air cara kerjanya mirip seperti keran.

“Ketika terjadi kebocoran cukup besar kita tutup valve aliran ke pipa yang bocor sehingga air tidak mengalir. Kemudian dilakukan perbaikan,” paparnya. (sin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *