Waspada Gejala Awal Hepatitis Akut Seperti Mual, Muntah, Diare Berat dan Demam Ringan

LIPOSSTREAMING.NEWS– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Lubuklingga waspada penularan penyakit Hepatitis Akut Misterius. Meskipun ditegaskan Kepala Dinkes Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi saat ini belum ditemukan kasus di Lubuklinggau.

“Kita harus tetap waspada. Kalau belum ditemukan kasus seperti saat ini, waspada pencegehan yang kita lakukan. Seluruh Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankses) sudah kita minta, untuk gencar lakukan pencegahan. Seperti sosialisasi, imbauan dan sebagainya. Imbaukan lagi ke masyarakat makan makanan yang sehat, pastikan rajin cuci tangan dan tetap terapka protokol kesehatan,” jelas Erwin, Selasa (10/5/2022).

Lalu ketika ada kasus, pihaknya sudah harus siap untuk melakukan tindakan.

“Seperti, jika ada pasien dengan gejala yang mendekati penderita Hepatitis segera cek betul dan pastikan penyakitnya. Jika benar ada kasus, segera ditangani dengan baik dan sesuai SOP, lalu segera dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Karena daerah sudah diinstruksikan segera melapor, jika ditemukan kasus,” tegasnya.

Seperti mual, muntah, diare berat dan demam ringan. Lalu gejala lanjutannya seperti air kencing berwarna seperti teh dan BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit kuning serta ada gangguan pembekuan darah.

“Untuk itu, waspadai gejala awal. Jika muncul gejala awal jangan panik, segera bawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, jangan menunggu gejala lanjutan. Jika terjadi penurunan kesadaran segera bawa pasien ke rumah sakit,” pesannya. (rfm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *