Tunggu Surat Pengajuan dari Pihak Maskapai

SEPI - Terminal Bandara Silampari di Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I masih seperti sebelumnya, tampak sepi dari aktivitas penumpang, Selasa (15/3/2022).

LIPOSSTREAMING.NEWS – Awal april, satu maskapai penerbangan berkomitmen akan kembali membuka rute penerbangan Jakarta-Lubuklinggau dan sebaliknya, di Bandara Silampari Lubuklinggau. Kabar gembira ini disampaikan oleh Humas Bandara Silampari, Bandi saat dibincangi, Selasa (15/3/2022).

Bandi menegaskan, pihak bandara belum bisa mengatakan 100 persen maskapai yang dimaksud jadi terbang. Namun dari hasil obrolan mereka, pihak maskapai sudah komitmen untuk kembali terbang.

“Insya Allah awal April ini mereka bakal kembali terbang, melalui Bandara Silampari. Untuk maskapai, karena dari dulu ada dua maskapai yang membuka rute dikita, ya kalau gak Nam Air, Batik Air. Ya mudah-mudahan komitmen ini terlaksana sesuai harapan kita. Apalagi melihat antusias dari masyarakat yang sudah sangat menginginkan adanya pesawat yang kembali terbang,” ungkap Bandi.

Pihaknya lanjut Bandi, tinggal menunggu surat pengajuan dari pihak maskapai.


Biasanya kalau sudah oke dari mereka, pihak maskapai akan kembali bersurat ke kita untuk mengajukan jadwal dan sebagainya. Pengajuan ini yang kita tunggu. Selebihnya kalau dari kita siap, kapanpun mereka kembali beroperasi. Karena sejak awal kami tegaskan, pihak bandara siap kapan pun ada maskapai beroperasi kembali. Karena bandara tidak tutup. Seluruh pegawai kita tetap kerja, operasional bandara tetap jalan begitupun dengan pemeliharaan. Hanya saja sejak Oktober 2021 hingga saat ini itu gak ada maskapai yang melakukan penerbangan,” jelasnya.

Bandi kembali menjelaskan, tidak adanya maskapai membuka penerbangan selama ini karena ada alasanya.


Penyebab utama ya pasti karena adanya pandemi Covid-19, yang membuat maskapai tarik ulur. Lalu kekurangan armada bahkan ada armada yang ditarik karena sistem sewa,” jelasnya lagi.

Terkait aturan, Bandi mengaku jika nantinya maskapai kembali membuka rute penerbangan maka aturan perjalanan akan mengikuti aturan dari pemerintah.

“Karena kita gak membuat aturan. Kemungkinan tetap sama, wajib vaksin dan Protokol Kesehatan (Prokes). Untuk syarat PCR atau antigen juga sudah dihapus oleh pemerintah, ya kita ikuti tentunya,” tambah Bandi. (rfm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *