Sinyal dari Pertamina Mau Naikan Harga

Ilustrasi

LIPOSSTREAMING.NEWS – LALU apa penyebab Pertamina membatasi jatah solar subsidi ke SPBU?. Menurut Pengamat Ekonomi Dr Yan Sulistyo, Senin (14/3/2022), biasanya dibatasinya pasokan BBM subsidi ke SPBU, ini tanda-tanda Pertamina mau menaikan harga solar subsidi.

“Dan ini polanya sudah biasa di BUMN. Ketika SPBU dijatah, ya tujuan Pertamina untuk menahan sebagian Solarnya agar terjadi gejolak. Ketika sudah terjadi gejolak, lalu Pertamina mengajukan ke pemerintah dan DPR untuk menaikan harga. Sudah biasa pola yang digunakan BUMN, menciptakan kisruh,” jelas Yan, kemarin.

Menurutnya, kalau melihat harga minyak dunia memang ada kenaikan dampak dari perang Ukraina dan Rusia. Tapi, kalau dilihat dari kebutuhan Solar, menurut Yan harusnya tidak terlalu terdampak dengan naiknya harga minyak dunia.

“Kalaupun ini benar terjadi, jatah dibatasi karena harga solar mau naik maka dampak langsungnya bisa dapat dirasakan oleh masyarakat. Contoh, pengguna Solar saat ini kebanyakan kendaraan penumpang seperti travel dan bus maka dampaknya harga tiket naik. Kalau di perusahaan dampaknya ya harga produksi mereka juga akan mengalami kenaikan harga,” jelasnya. (rfm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *