Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau Diresmikan

Usai pemotongan tumpeng dan penyerahan atribut, Ketua Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau Supriyanto, SP, MM dan anggotanya foto bersama Asisten I Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar dan tamu undangan, Minggu (27/2/2022).

 LUBUKLINGGAU – Minggu (27/2/2022) Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe diwakili Asisten I Kahlan Bahar meresmikan Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau.

Peresmian ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, dan penyerahan cinderamata atribut Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau kepada Asisten I Setda Kota Lubuklinggau Kahlan Bahar

Peresmian yang dilakukan di Kelurahan Karang Ketuan, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II dihadiri ratusan Anggota Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau.
Ketua Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau Supriyanto, SP, MM menjelaskan, di kepengurusan pusat Paguyuban Republik Ngapak dipimpin Bapak Ganjar Pranowo.

“Sementara Paguyuban Republik Ngapak Provinsi Sumsel dipimpin Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri MM. Saat ini kami baru meresmikan saja bahwa di Lubuklinggau ada Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau. Anggotanya sekitar 650 KK. Dan organisasi ini dibentuk bukan berafiliasi pada politik. Murni untuk guyup rukun dan menjalin silaturahmi,” jelas mantan Staf Ahli Bupati Musi Rawas itu.

Salah satu kegiatan yang akan dilakukan Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau adalah pertemuan bulanan berbentuk pengajian diisi dengan tausiyah.

“Ini murni komunitas sosial kemasyarakatan, sekali lagi bukan berafiliasi pada politik apapun,” jelasnya.

Di Indonesia, khususnya Provinsi Jawa Tengah, kata Supriyanto ada 12 kabupaten/kota yang menggunakan bahasa ngapak sebagai bahasa keseharian.

” Makanya di Lubuklinggau warga Ngapak ada yang membentuk komunitas Banyumasan, Panginyongan, Tegal dan sebagainya. Nah, melalui Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau saya berharap perantau dari daerah di Jawa Tengah yang merasa bahasanya ngapak ayo kumpul guyup rukun di Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau. Sehingga bisa jadi mitra membangun daerah,” ungkapnya.

Mengusung tema ‘Aja isin dadi wong ngapak, ora ngapak ora kepenak’, kegiatan kemarin sangat meriah. Tenda kegiatan dipenuhi spanduk para sponsor yang menunjukkan dukungan terhadap berdirinya Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau.

“Bahkan banyak kudapan dan makanan tradisional dihidangkan oleh para anggota sebagai rasa bahagia mereka atas diresmikannya Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau. Terima kasih para donatur yang sudah membantu hingga peresmian Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau terlenggara dengan sukses,” ungkapnya.

Lebih istimewa lagi Ketua Persatuan Pujasuma Kota Lubuklinggau H Subandio Amin, Pengurus Ikatan Keluarga Minang, Ketua DPD PKS Kota Lubuklinggau H Syuhada, dan Ketua DPD NasDem Lubuklinggau H Rahmat Hidayat alias Yopi Karim juga hadir. Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan ‘Peyang dan Penjol’ serta jaranan kolaborasi gamelan.

Pada kesempatan itu, Supriyanto juga meminta kesediaan Walikota Lubuklinggau, Ketua Pujasuma, dan Ketua IKM untuk jadi dewan kehormatan Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau.

“Dengan begini, kami harap kita semua bisa berdiri bekerjasama memajukan daerah. Meminta Pak Wali sebagai Dewan Kehormatan artinya, kami menganggap Pak Wali bapak kami. Maka kalau anak merengek. Mohon dibantu,” ungkapnya.

Apresiasi disampaikan Walikota Lubuklinggau melalui Asisten I Kahlan Bahar. Besar harapan diresmikannya Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau bisa memotivasi muda-mudai untuk menggunakan bahasa ngapak.

Kahlan juga berharap warga Kota Lubuklinggau tertarik untuk mempelajari Bahasa Ngapak sehingga bahasa daerah ini bisa lestari.
“Tentang harapan Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau menjadikan Pak Wali Dewan Kehormatan, beliau siap. Permohonan bapak ibu sudah saya sampaikan melalui whatsapp. Beliau setuju, “ ungkap Kahlan Bahar.
Besar harapan, kehadiran Paguyuban Republik Ngapak Kota Lubuklinggau bisa menambah keanekaragaman budaya di Kota Lubuklinggau.(lipos/lik)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *