Hati-hati Makanan yang Tidak Dikerumuni Lalat

Kikil yang mengandung formalin

LIPOSSTREAMING.NEWS – Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menusuk. Dilansir dari pom.go.id dalam formalin terkandung sekitar 37% formaldehid dalam air.

Biasanya ditambahkan metanol hingga 15% sebagai pengawet.

Formalin dikenal luas sebagai bahan pembunuh hama (desinfektan) dan banyak digunakan dalam industri.

Formalin biasanya digunakan untuk pembunuh kuman sehingga dimanfaatkan untuk pembersih lantai, kapal, gudang, dan pakaian.

Formalin juga ampuh untuk membasmi lalat dan berbagai serangga lain.

Penggunaan formalin yang salah adalah hal yang sangat disesalkan. Melalui sejumlah survey dan pemeriksaan laboratorium, ditemukan sejumlah produk pangan yang menggunakan formalin sebagai pengawet.

Praktek yang salah seperti ini dilakukan produsen atau pengelola pangan yang tidak bertanggung jawab. Beberapa contoh produk yang sering mengandung formalin misalnya ikan segar, ayam potong, mie basah dan tahu yang beredar di pasaran. Yang perlu diingat, tidak semua produk pangan mengandung formalin.

Dampak formalin pada kesehatan manusia, dapat bersifat akut dan kronik.

Dampak akut ketika, efek pada kesehatan manusia langsung terlihat. Seperti iritasi, alergi, kemerahan, mata berair, mual, muntah, rasa terbakar, sakit perut dan pusing.

Selain itu juga bisa mengakibatkan dampak kronik yang terlihat setelah terkena dalam jangka waktu yang lama dan berulang. (pom.go.id)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *