Gagal Dapat Bantuan Armada dari Pusat

USULKAN - Kabid RTH dan Pengelolaan sampah, Rully Wijaya saat mengusulkan bantuan mobil operasional ke Pemprov Sumsel, 2 Feburari 2022.

* DLH Masih Kewalahan Angkut Sampah

LIPOSSTREAMING.NEWS – Kekurangan armada pengangkut sampah, masih jadi kendala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Lubuklinggau saat ini. Sudah minim armada, kini dua mobil mereka kembali mengalami rusak berat.

Hal ini menyebabkan beberapa tumpukan sampah disepanjang jalan protokol terlambat diangkut oleh petugas. Jadwal pengangkutan sampah disepanjang jalan protokol pun terpaksa mereka tambah, agar semua sampah bisa diangkut seperti biasanya.

“Armada kita hanya ada 12 unit. Beberapa waktu lalu tiga yang rusak, sudah kita perbaiki. Eh sekarang ada dua mobil lagi yang rusak cukup berat, masih diperbaiki di bengkel. Gara-gara ini jadwal pengangkutan sampah di sepanjang jalan Ahmad Yani yang terganggu,” ungkap Kepala DLH Subanio Amin Melalui Kabid RTH dan Pengelolaan sampah, Rully Wijaya saat dibincangi, Senin (1/3).

Diakui Rully, di sepanjang Jalan A Yani volume sampahnya lebih banyak dibandingkan di jalan protokol lainnya.

“Makanya kita akali dengan menambah jadwal pengangkutan sampah disana. Sebelumnya jadwal pengangkutan sampah dari pukul 06.30 WIB, tapi mulai kemarin kita mulai dari pukul 04.00 WIB subuh. Dengan harapan ketika pagi hari sampah yang mau diangkut lebih sedikit, dan angkutnya menunggu mobil dari rute yang lain,” jelasnya.

Jika sistem ini tidak mereka lakukan, namun memaksakan mobil yang ada maka dikhawatirkan mobil lain ikut rusak.

“Kalau dipaksakan mobil yang saat ini digunakan untuk rute A Yani, pasti gak muat. Selama mobil rusah, sistem pengangkutan sampah kita gantian,” jelasnya lagi.

Bantuan mobil pun diakui Rully, hingga saat ini belum ada. Bahkan rencanan adanya bantuan satu unit armada dari pihak Kementerian beberapa waktu lalu, batal diberikan.

“Kemarin kita cukup senang, karena bakal ada bantuan dari pusat eh ternyata cancel. Katanya sih masih diprioritaskan untuk kota madya dulu, makanya bantuan dialihkan untuk Kota Palembang. Harapan kita saat ini, menunggu bantuan dari Pemprov Sumsel melalui Bantuan Gubernur (Bangub) yang katanya kita bakal dapat dua unit,” harapnya.

Pihaknya juga berharap, dari APBD Kota Lubuklinggau mereka juga bisa melakukan pengadaan mobil satu unit.

“Karena sekali lagi, kita masih sangat kekurangan armada untuk pengangkutan sampah,” tegasnya. (rfm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *