Baru Satu PO Bus Pindah ke Terminal Tipe A

LIPOSSTREAMING.NEWS – Kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memindahkan PO BUS ke Terminal Tipe A Simpang Periuk, bertahap mulai dijalankan. Kemarin (18/3/2022), PO Bus Putra Raflesia sudah bertahap pindah ke Terminal.

Hal ini disampaikan Koordinator Satuan Pelayanan (Koorsapel) Terminal Tipe A Simpang Periuk, Ricky Oktarizano saat dibincangi, Jumat (18/3).

“Baru satu PO yang pindah secara bertahap,” ungkap Ricky.

Dari pihaknya sendiri diakui Ricky akan segera melakukan perbaikan-perbaikan sarana di Terminal Tipe A agar pihak PO maupun penumpang nyaman beraktivitas disana.

“Beguyur untuk kita siapkan. Untuk sarana yang masih rusak, akan segera kita perbaiki. Insyallah PO Handoyo menyusul pindah, karena pengurusnya saat ini sedang menyiapkan kebutuhan mereka seperti meja, kursi dan sarana lainnya. Ya mudah-mudahan menyusul PO Bus lainnya, sehingga harapan kita Terminal Tipe kembali berfungsi sebagaimana mestinya, dan yang terpenting tidak ada lagi BUS yang menurunkan atau menaikan penumpang di dalam kota,” jelasnya.

Ricky mengaku, perbaikan loket yang rusak dan penambahan fasilitas di Terminal Tipe A sudah mereka usulkan ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah VII Sumsel Babel.

“Fasilitas kita memang belum memadai, loket juga butuh diperbaiki karena sudah lama tidak difungsikan. Makanya kita belum bisa memaksa. Mudah-mudahan bisa dilakukan secepatnya. Tapi intinya kita sangat mendukung kebijakan ini,” ungkap Ricky.

Mereka sudah usulkan fasilitas seperti toilet, ruang tunggu dan listrik. Di Terminal Tipe A sendiri saat ini bisa menampung 20 PO Bus.

Sebelumnya, Kepala Dishub Kota Lubuklinggau H Abu Ja’at menegaskan jika kebijakan ini dilakukan agar kedepan tidak ada lagi bus menurunkan atau menaikan penumpang maupun barang didalam kota. Untuk itu tahap awal fungsikan kembali Terminal Tipe A Simpang Periuk.

Namun lanjut Abu, untuk memindahkan para agen yang jumlahnya saat ini ada lebih kurang 30 agen di Lubukinggau, pihaknya harus menunggu kesiapan dari pihak pengelola Terminal Tipe A Simpang periuk. Pasalnya beberapa loket yang akan dimanfaatkan oleh para agen nanti sudah rusak dan tidak layak huni. Belum lagi beberapa fasilitas yang belum ada.

Untuk kapan mulai dipindahkanya PO Bus ke Terminal Tipe A, Abu menegaskan pihaknya akan menunggu kesiapan dari pihak pengelola Terminal Tipe A.

“Kalau kita inginnya segera, supaya tidak ada lagi agen menaikan atau menurunkan penumpang maupun barang diluar terminal. Tapi kan butuh proses, bertahap pastinya. Kita tergantung pihak terminal kapan siapnya, agar agen bisa segera pindah,” ungkapnya lagi. (rfm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *