Terdakwa dan Korban Sudah Damai Tapi Tetap Dipenjara

TERDAKWA DA (17)

LIPOSSTREAMING.NEWS – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau menjatuhkan hukuman enam bulan penjara terhadap Terdakwa DA (17), Senin (4/4/2022).

Vonis yang dijatuhkan lebih ringan. Sebab sebelumnya JPU Kejari Lubuklinggau Akbari Darnawinsyah menuntut terdakwa satu tahun penjara.

Sidang secara zoom ini dipimpin Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau tunggal Ferri Irawan dibantu Panitera Pengganti (PP) Armen. Karena pandemi Covid-19, sidang diadakan dengan zoom meeting dan terdakwa berada Lapas Klas IIA Lubuklinggau.

Dalam vonisnya Majelis Hakim Ferri Irawan menyatakan DA bersalah telah melakukan tindak pidana dalam Pasal 365 Ayat (1) KUHPidana tentang Peradilan Anak.

Majelis Hakim Ferri Irawan menegaskan yang memberatkan terdakwa meresahkan masyarakat. Sedangkan yang meringankan, terdakwa mengakui dan menyesali perbuatannya dan sudah ada perdamaian.

Ketua Majelis Hakim Ferri Irawan lalu bertanya kepada terdakwa atas vonis tersebut. Terdakwa nyatakan terima. Sedangkan JPU saat ditanya hakim juga menyatakan terima.

Kronologis DA disidangkan bahwa terdakwa DA bersama Jeri (DPO) pada Jumat 18 Februari 2022 sekira pukul 11.30 WIB melakukan tindak kriminal di Jalan Garuda Kelurahan Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1.

Mulanya, DA bersama Jeri (DPO) jalan-jalan di sekitaran Kecamatan Lubuklinggau Barat 1 dengan mengendarai sepeda motor milik Jeri.

Ditengah perjalanan tepatnya di Jalan Garuda, Kelurahan Kayu Ara, keduanya melihat korban Septa Dewi Anjani Ujang sedang mengendarai sepeda motor. Lalu ponsel korban diletakkan di dashboard bagian depan motor.

Melihat kesempatan itu, DA dan Jeri sekongkol untuk menjambret ponsel korban.

Mereka lalu memepet Septa yang sedang bersepeda motor. Diambillah ponsel korban daei dashboard.

Lalu mereka melarikan diri. Melihat ponselnya dijambret, Septa berusaha mengejar DA dan Jeri.

Sampai di depan Perumahan Green Garden Residence, motor yanh dikemudikan para tersangka jatuh. Warga yang tahu dua orang ini penjambret, langsung berusaha mengamankan mereka berdua. Namun Jeri kabur. Hanya DA yang berhasil diringkus.

Sampai Terdakwa DA divonis penjara 6 bulan, Tersangka Jeri masih buron. (adi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *