Karena Gratis? Ribuan Wisatawan Datangi Air Terjun Temam dan Waterboom

RAMAI : Objek Wisata Air Terjun Temam di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I ramai dikunjungi wisatawan usai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Kamis (5/5/2022).

LIPOSSTREAMING.NEWS – Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah menjadi momen para pelancong mengunjungi Objek Wisata Air Terjun Temam. Dari pantauan kemarin, H+5 lebaran terlihat ratusan pengunjung memadati objek wisata yang berada di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I.

Terlihat kendaraan yang terparkir memadati halaman lokasi wisata. Ada juga lokasi parkiran yang dibuat atas inisiatif dari masyarakat setempat di luar lokasi objek Wisata Air Terjun Temam. Tidak seperti biasa, di sekitar lokasi wisata banyak pedagang yang berjualan di pinggir jalan, mulai dari pedagang makanan, pedagang mainan anak hingga pedagang manisan.

Pengunjung pun tidak hanya dari pengunjung lokal, namun banyak juga pengunjung dari kabupaten tetangga seperti Empat Lawang, Muratara, Musi Rawas hingga Rejang Lebong.

Seperti salah seorang ASN Empat Lawang yang merupakan warga Kabupaten Rejang Lebong ini, Riatno (50) saat dibincangi mengungkapkan, ia sengaja datang ke sana memanfaat waktu libur lebaran untuk refresing bersama keluarga.

“Pas libur lebaran refresing bareng keluarga, ngajakin anak-anak dan istri makan siang di Air Terjun Temam ini, tadi dari Empat Lawang silaturahmi sama teman dan keluarga,” ungkap Riatno, Kamis (5/5).

Dari masuk sudah bayar tiket per orang Rp 10.000 itu sekaligus uang parkir dan masuk ke objek air terjun Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

“Uang parkir Rp10.000 langsung mendapatkan tiket masuk dan untuk masuk ke objek air terjun bayar lagi Rp 45.000 untuk 5 orang, untuk orang dewasa Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000,” jelasnya.

Ia mengharapkan Objek Wisata Air Terjun Temam bisa lebih terawat seperti dibersihkan lagi untuk lalang yang telah tinggi dan seperti gazebo dibersihkan lagi dan diperbanyak jadi setiap orang yang mau istirahat tidak lagi sembarangan.

“Banyakinlah gazebonya, masih banyak yang kumpul dan makan-makan bareng keluarga makannya di sembarang tempat. Terus dibersihkanlah lagi ya. Trus tambah lagi juga untuk spot-spotnya jadi bisa lebih banyak lagi pengunjungnya,” ungkapnya.

Sementara Direktur PT Linggau Bisa Eddy Saputra melalui General Manager PT Linggau Bisa, Hensein Arif Wijaya menjelaskan libur lebaran, Air Terjun Temam dikunjungi sekitar 150 hingga 200 orang per jam.

Pengelola mengatur jalur pengunjung yakni bagi yang ke Waterboom hanya 300 orang dan bagi pengunjung di air terjun 300 hingga 500 orang.

“Untuk tiket masuk, pengelola menetapkan Rp 10.000 untuk yang ingin menikmati keindahan air terjun dan untuk anak-anak Rp 5.000, sedangkan Rp 25. 000 untuk mini waterboom dan untuk balita kami gratiskan,” jelasnya.

Hansein menambahkan bagi pengunjung yang ingin membeli tiket ada di depan pintu masuk supaya memudahkan bagi pengunjung untuk membeli tiket dan untuk parkir di area Air Terjun Temam gratis.

Dikatakannya, operasional Air Terjun Air Temam mulai buka pukul 08.30 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Sedangkan untuk penjagaan dari Polres Lubuklinggau ada 12 orang dan dari Polsek Lubuklinggau Selatan ada 3 orang.

“Potensi ramainya pengunjung diungkapkannya, dari Polres menyiapkan personil untuk di objek Wisata Air Terjun Temam hingga hari Minggu ini, begitu juga estimasi kami juga ramainya pengunjung hingga hari Minggu,” jelasnya.

“Untuk lonjakan kedepan belum tahu, namun yang membeludak hari ini (5/4) dan kemarin Rabu (4/4) lebih dari lebaran pertama dan kedua,” ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pengunjung yang telah datang untuk memilih tempat rekreasi Air Terjun Temam, dan mengimbau kepada pengunjung untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. (dkz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *