Pembukaan MTQ XVI Tingkat Kota Lubuklinggau Sukses Digelar

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe didampingi Wawako, H Sulaiman Kohar dan Forkompinda serta tamu yang hadir memukul bedug sebagai tanda dimulainya MTQ XVI, di Masjid Agung As-Salam Kota Lubuklinggau, Selasa (22/2/2022) malam.

LIPOSSTREAMING.NEWS- Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2022, sukses digelar. Kegiatan dibuka langsung oleh Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe didampingi Wakil Wali Kota (Wawako), H Sulaiman Kohar di Masjid Agung As-Salam

Wali Kota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe melantik dewan hakim.

Kota Lubuklinggau, Selasa (22/2/2022) malam.

Dalam sambutannya, Wali Kota patut disyukuri malam ini berlangsung acara pembukaan MTQ XVI tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2022.

Adapun tema yang diusung, “Melalui MTQ XVl tingkat Kota Lubuklinggau tahun 2022, kita tingkatkan pengamalan nilai-nilai Al-Quran menuju masyarakat Lubuklinggau yang Metropolis Madani”

Nanan sapaan akrabnya i i mengucapkan selamat kepada dewan hakim yang telah dilantik. Tahun depan ia minta, para dewan hakim yang dilantik, harus memakai jas jangan lagi memakai batik.

Selain itu, Nanan memuji upaya pihak kecamatan yang telah melakukan pembinaan generasi muda dengan baik. Hal ini tidak la

Defile kafilah dari masing-masing Kecamatan.

in sebagai upaya untuk mencetak generasi muda penghafal Alquran, yang nantinya akan mengharumkan nama Kota Lubuklinggau baik di tingkat Provinsi maupun tingkat nasional.

Kota Lubuklinggau lanjutnya, sudah pernah menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provinsi Sumsel. Bahkan dua orang kafilah Kota Lubuklinggau sukses menjadi juara dan berhak mengikuti MTQ tingkat nasional.

Ke

Ketua panitia penyelenggara MTQ yang juga Kabag Kesra Setda Kota Lubuklinggau, M Tarmizi Taufik menyampaikan laporan kegiatan.

pada dewan hakim yang telah dilantik, Wako juga berpesan agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Karena hasil dari MTQ tingkat Kota Lubuklinggau ini nantinya akan diikutsertakan dalam kontingan Kota Lubuklinggau untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sumsel.

“Jadi harus bener-benar bisa menghasilkan orang yang tepat dan layak untuk diikutsertakan dalam ajang tingkat provinsi bahkan nasional,” pesannya.

Ketua panitia penyelenggara MTQ yang juga Kabag Kesra Setda Kota Lubuklinggau, M Tarmizi melaporkan, MTQ XVl tingkat Kota Lubuklinggau ini dilaksanakan sebagai sarana mensyi’arkan nilai-nilai Al-Quran, mencari kader penghafal Al-Quran serta sebagai persiapan untuk mengikuti ajang yang sama tingkat Provinsi Sumsel, Mei mendatang di Kota Palembang serta MTQ tingkat nasional XXIV di Banjarmasin.

Ia juga menyampaikan, MTQ dilaksanakan dari 21-28 Februari, diikuti oleh 307 qori dan qoriah utusan dari delapan kecamatan dalam wilayah Kota Lubuklinggau . Adapun cabang yang dilombakan sebanyak 8 cabang dan 23 golongan.

Kegiatan MTQ diikuti 8 utusan Kecamatan dalam wilayah Lubuklinggau dengan total 307 orang yakni Kecamatan Lubuklinggau timur I mengirim 35 orang kafilah, kecamatan Lubuklinggau timur II mengirim 33 kafilah, kecamatan Lubuklinggau barat Mengirim 32 orang kafilah, kecamatan Lubuklinggau barat II 39 orang, Kecamatan Lubuklinggau Utara 1 mengirim 40 orang, Kecamatan Lubuklinggau Utara II mengirim 53 orang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan I mengirim 42 orang, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II mengirim 33 orang.

Kemudian cabang lomba ada 8 cabang yaitu Tilawatil Quran, Qiroat, Tahfiz, tafsir, fahmil Quran, Syahir Quran, kaligrafi, Karya tulis Quran.

Setiap cabang dan golongan yang nantinya pemenang akan diberikan uang pembinaan, trofi tetap, piagam penghargaan dan bonus tambah dari kaum muslimin muslimat yg tidak mengikat.

Dalam acara pembukaan ini juga diisi dengan pelantikan dewan hakim MTQ XVI oleh wali kota Lubuklinggau, ditandai pembacaan SK serta pemakaian baju kebesaran dewan hakim.

Kemudian penyerahan trophy bergilir MTQ XIV tahun 2020 kepada panitia pelaksana MTQ XVI oleh wali kota serta pemukulan bedug sebagai tanda dimulainya MTQ XVI.

Hadir dalam acara ini, Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau H Rodi Wijaya, Sekda HA Rahman Sani, Kepala OPD dilingkungan Pemkot Lubuklinggau, Ketua TP PKK, Hj Yetti Oktarina Prana, Ketua GOW, Hj Sri Haryati Sulaiman dan Ketua DWP, Hj Rika Rahman. (rls/cw02)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *